Beranda > Peluang Bisnis > Peluang Bisnis Martabak Isi Buah

Peluang Bisnis Martabak Isi Buah

Martabak memang salah satu kudapan favorit di negeri ini. Tak heran, gerai-gerai martabak selalu terlihat di setiap keramaian, baik di kompleks perumahan maupun pusat perbelanjaan. Meski jumlah gerai dan merek martabak sudah tak terhitung lagi, penawaran

kemitraan usaha martabak pun tak pernah berhenti. Mereka pun menawarkan menu-menu yang bervariasi.

CV Mara Surya Persada merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan kemitraan usaha martabak. Perusahaan yang bermarkas di Cirebon ini sudah membuka usaha martabak dengan nama Muakhi sejak 2007.

Untuk bersaing dengan gerai-gerai martabak lainnya, Muakhi menawarkan martabak suka-suka yang isinya mengikuti selera konsumen, serta martabak manis yang berisi buah segar.

Jenis buah segar yang menjadi bahan pengisi, antara lain pisang, stroberi, nangka, durian dan kismis. Adapun untuk martabak telur,

Muakhi menyediakan menu martabak smoke beef. “Perbedaannya ada pada resep dan komposisi bahannya,” kata Ikranegara Kusumaningrat, salah satu pemilik CV Mara Surya Persada.

Harga martabak manis dan martabak telur di gerai Muakhi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per loyang.

Selain menyediakan martabak buah segar, Muakhi juga menyediakan martabak standar dengan isi seperti cokelat, kacang, keju, susu, dan wijen. Konsumen pun bisa memakai semua bahan itu sesuai dengan selera.

Ketiadaan bahan pengawet, ragi, pewarna makanan, atau bahan pelembut menjadi kelebihan martabak keluaran Muakhi. Meski

begitu, Ziko, panggilan Ikranegara Kusumaningrat, menyakinkan, tekstur martabaknya tetap lembut, aroma wangi pun tetap akan tercium tajam.

Ziko bilang, selama ini, gerai martabaknya yang ada di Cirebon bisa meraup omzet berkisar Rp 200.000-Rp 400.000 saban hari.

Setelah tiga tahun membangun usaha martabak di Cirebon, Mara Surya Persada membuka peluang kemitraan martabak Muakhi awal 2010 lalu. “Untuk menjadi mitra, nilai investasinya sebesar Rp 35 juta,” kata Ziko.

Dengan investasi sebesar itu, mitra akan mendapatkan satu konter dan perlengkapannya, bahan baku awal, paket promosi, pelatihan

karyawan, dan pendampingan awal ketika pembukaan gerai. “Perkiraan balik modalnya sekitar 12 bulan. Namun, bisa juga lebih cepat,” ujar Ziko.

Saat ini, martabak Muakhi telah memiliki dua mitra yang sudah beroperasi di Bandung. “Ada calon mitra yang dari Lampung yang sedang menunggu pendanaan,” kata Ziko. Ia menambahkan, permintaan kemitraan martabak Muakhi juga datang dari Jawa Timur

dan Jawa Tengah.

Ziko menganjurkan, para calon mitra memilih lokasi yang ramai. Sebut saja, daerah permukiman padat penduduk, perkantoran, pasar modern, depan mini market, tempat rekreasi, dan lokasi yang dekat dengan pusat pendidikan.

Untuk menentukan kelayakan lokasi usaha, Mara Surya Persada harus melakukan survei terlebih dahulu. Mereka juga mengutip biaya survei sebesar Rp 1 juta untuk wilayah Jabodetabek, Rp 1,5 juta untuk Jawa dan Madura, dan Rp 2,5 juta untuk Sumatra dan Bali. Adapun, biaya survei di Kalimantan dan Sulawesi sebesar Rp 3 juta. Sementara untuk wilayah Maluku, Nusa Tenggara, serta Papua sebanyak Rp 3,5 juta. Ziko memperkirakan, proses pembuatan outlet butuh waktu hingga sebulan, bersamaan dengan masa trainingkaryawan.

Konsultan Wirausaha dan Praktisi Bisnis A. Khoerussalim mengatakan, Mara Surya Persada cukup kreatif dalam membuat martabak dengan menambahkan isi buah-buahan. “Paling tidak buah-buahan ini bisa menambah rasa penasaran konsumen,” kata Khoerussalim.

Namun, Khoerussalim menekankan, usaha martabak tetap harus memperhatikan rasa martabaknya agar lebih spesial. Biarpun,

isinya menarik, tanpa diimbangi rasa martabak yang pas, penjualan yang ramai hanya pada awal operasional. Jadi, rasa penasaran konsumen hanya membuat penjualan melambung pada permulaan beroperasi. Tidak lebih.

Khoerussalim menilai, pencapaian omzet rata-rata martabak Muakhi kurang bagus. “Kalau memang rasanya enak, dalam waktu tiga tahun seperti sampai saat ini, penjualannya paling tidak sudah bisa mencapai 100 loyang per hari,” ujar dia. (peluangusaha.kontan.co.id)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: